INSTRUMEN OBSERVASI KELAS
K e l
a s : ................................................
Nama
Sekolah : SDN Ketawang Karay I
Kecamatan : Ganding
Nama Guru : .........................................................
N I P : .........................................................
Golongan : .........................................................
No.
|
Perangkat Pembelajaran
|
|
Tidak
|
Keterangan
|
1
|
Kurikulum
Nasional (SKKD)
|
…..
|
…..
|
|
2
|
Kurikulum Muatan Lokal
a. Wajib
(Bahasa Madura)
b. Pilihan
( ……………………………………….. )
|
…..
…..
|
…..
…..
|
|
3
|
Pedoman Penilaian
|
…..
|
…..
|
|
4
|
Media dan alat peraga
|
…..
|
…..
|
|
5
|
Buku pelajaran :
a. Pegangan
guru
b. Pegangan
siswa
|
…..
…..
|
…..
…..
|
|
6
|
Silabus Tematik/Mata Pelajaran
|
…..
|
…..
|
|
7
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
…..
|
…..
|
|
8
|
Program Semester (Promes 1 & 2)
|
…..
|
…..
|
|
9
|
Persiapan Mengajar (Harian)
|
…..
|
…..
|
|
10
|
Evaluasi hasil belajar:
a. Buku
Penilaian Harian PH)
b. Buku
penugasan / PR
c.
Naskah Penilaia Tengah Semester (PTS)
d.
Kisi-kisi soal Penilaian Akhir Semester
(PAS)
e.
Naskah soal Penilaian Akhir Semester
(PAS)
f.
Naskah soal Penilaian Kenaikan Kelas
(PAT)
|
…..
…..
…..
…..
…..
…..
|
…..
…..
…..
…..
…..
…..
|
|
11
|
Buku analisis hasil evaluasi
|
…..
|
…..
|
|
12
|
Buku program remedial/pengayaan
|
…..
|
…..
|
|
13
|
Jadwal Pelajaran
|
…..
|
…..
|
|
14
|
Tata Tertib Kelas
|
…..
|
…..
|
|
Catatan :
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
Guru Kelas / Mapel.
…………………………………….
NIP
Sumenep., ……………………
Kepala
Sekolah
NGUMPRIYATUN,M.Pd
NIP. 19700913
199304 2 001
INSTRUMEN OBSERVASI KELAS
K e l
a s : ................................................
Nama
Sekolah : SDN Ketawang Karay I
Kecamatan : Ganding
Nama Guru : .........................................................
N I P : .........................................................
Golongan : .........................................................
No.
|
Administrasi Kelas
|
|
Tidak
|
Keterangan
|
1
|
Identitas peserta didik
|
…..
|
…..
|
|
2
|
Identitas orang tua/wali
|
…..
|
…..
|
|
3
|
Prosentase kehadiran siswa
|
…..
|
…..
|
|
4
|
Daftar nilai
a. Penilaian
harian (PH)
b. Penilaian
Tengah Semester (PTS)
c. Penugasan
/ PR
d. Penilaian
Akhir Semester (PAS)
e. Penilaian
Kenaikan Kelas (PAT)
f. Nilai
Rapor Semester 1 & 2
|
…..
…..
…..
…..
…..
…..
|
…..
…..
…..
…..
…..
…..
|
|
5
|
Rekapitulasi penilaian
|
…..
|
…..
|
|
6
|
Daftar peringkat hasil belajar
|
…..
|
…..
|
|
7
|
Daftar mutasi peserta didik
|
…..
|
…..
|
|
8
|
Catatan kegiatan pembelajaran
|
…..
|
…..
|
|
Catatan :
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................................
Guru Kelas /
Mapel.
…………………………………
NIP
Sumenep ………………………..
Kepala Sekolah
NGUMPRIYATUN,M.Pd
NIP. 19700913 199304 2 001
LEMBAR
OBSERVASI KELAS
K e l
a s : ................................................
Nama
Sekolah : SDN Ketawang Karay I
Kecamatan : Ganding
Nama Guru : ................................................
N I P : ................................................
Golongan : ................................................
ASPEK / SUB ASPEK
|
Baik
81 s.d. 100
|
Sedang
60 s.d. 80
|
Kurang
1 s.d. 59
|
BAGAIMANA PENGELOLAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR?
|
|
|
|
1.
Pengaturan tempat duduk dan meja kursi siswa
|
|
|
|
2.
Pengaturan perlengkapan dan peralatan kelas
|
|
|
|
3.
Ketertiban
dan disiplin siswa
|
|
|
|
4.
Kebersihan
kelas
|
|
|
|
5.
Keindahan
kelas
|
|
|
|
6.
Penataan
pajangan kelas
|
|
|
|
7.
Pemanfaatan
waktu
|
|
|
|
BAGAIMANAKAH
SIKAP PROFESIONAL GURU?
|
|
|
|
8.
Semangat kerja dalam melaksanakan PBM
|
|
|
|
9.
Daya kreatif guru menggugah suasana belajar
|
|
|
|
10.
Sikap
pembaharuan dan inovatif
|
|
|
|
11. Hubungan
kerjasama antar warga dalam lingkungan sekolah
|
|
|
|
12. Hubungan
kerjasama antar sekolah dalam meningkatkan PBM
|
|
|
|
BAGAIMANAKAH
PELAKSANAAN PENILAIAN?
|
|
|
|
13.
Pengamatan
|
|
|
|
14.
Pengajuan
pertanyaan
|
|
|
|
15.
Analisis
hasil kerja siswa
|
|
|
|
16.
Berdialog
dengan siswa
|
|
|
|
17.
Mendengarkan
percakapan siswa
|
|
|
|
ASPEK / SUB ASPEK
|
Baik
81 s.d. 100
|
Sedang
60 s.d. 80
|
Kurang
1 s.d. 59
|
BAGAIMANAKAH GURU MENGELOLA DAN MENGGUNAKAN HASIL KARYA
MURID DAN PAJANGAN?
|
|
|
|
18. Penataan
|
|
|
|
19. Pemanfaatan sebagai sumber belajar
|
|
|
|
20. Sistem penyimpanan
|
|
|
|
BAGAIMANAKAH GURU MENANGANI PROGRAM TINDAK LANJUT?
|
|
|
|
21. Siswa rata-rata
|
|
|
|
22. Siswa lamban
|
|
|
|
23. Siswa berbakat
|
|
|
|
24. Tugas dan pekerjaan rumah
|
|
|
|
Kesimpulan hasil pengamatan
:
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
|
|||
Saran tindak lanjut :
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
|
Sumenep, ………………………..
Guru Kelas,
………………………..................
NIP
|
Kepala Sekolah
NGUMPRIYATUN,M.Pd.
. NIP. 19700913 199304 2 001
|
INSTRUMEN PENILAIAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Kemampuan
Merencanakan Pembelajaran)
Nama
Sekolah : SDN Ketawang Karay I Kec : Ganding
1. NAMA GURU :
...............................................
|
4. MATAPEL :
.....................................
|
2. N I P :
...............................................
|
5. KLS/SMT :
.....................................
|
3. GOLONGAN : ...............................................
|
6. WAKTU :
.....................................
|
Petunjuk Penilaian :
Berilah
skor butir-butir rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan cara melingkari
angka pada kolom skor ( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria!
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
1
|
Kejelasan perumusan
tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung
perilaku hasil belajar)
|
1 2 3
4 5
|
2
|
Pemilihan materi
ajar (sesuai dengan tujuan dan
karakteristik peserta didik)
|
1 2 3
4 5
|
3
|
Pengorganisasian materi ajar
(keruntutan, sistematika materi, dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
|
1 2 3
4 5
|
4
|
Pemilihan sumber /
media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta
didik)
|
1 2 3
4 5
|
5
|
Kejelasan skenario pembelajaran (langkah-langkah kegiatan
pembelajaran: awal, inti, dan penutup)
|
1 2 3
4 5
|
6
|
Kerincian skenario
pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode, dan alokasi waktu
pada setiap tahap)
|
1 2 3
4 5
|
7
|
Kesesuaian teknik
penilaian dengan tujuan pembelajaran
(sistematis dan lengkap)
|
1 2 3
4 5
|
8
|
Kelengkapan instrumen
(soal, kunci, dan pedoman penskoran)
|
1 2 3
4 5
|
Jumlah Skor : ..........
Nilai = ..........
(Kualifikasi : )
|
Nilai = SP x 100 : 40 Sumenep
…………………
Kualifikasi: Kepala Sekolah
A = Sangat baik (90
– 100)
B = Baik (76 – 89)
C = Cukup (60 – 75)
D = Kurang (≤ 59) NGUMPRIYATUN,M.Pd
NIP. 19700913
199304 2 001
Komentar:
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
..........................................................................................................................................................
|
PENJELASAN SETIAP ASPEK RPP
Aspek no. 1
|
Kejelasan Perumusan
|
|
Penjelasan
|
Rumusan tujuan tidak menimbulkan penafsiran ganda
|
|
|
Rumusan tujuan minimal mengandung komponen peserta
didik dan perilaku. Perilaku
mencakup kata kerja operasional dan substansi materi
|
|
|
Tujuan dijabarkan dari indikator hasil belajar
|
Aspek no. 2
|
Pemilihan materi ajar
|
Penjelasan
|
Materi dipilih
berdasarkan tujuan pembelajaran atau
kompetensi yang akan dicapai
|
|
Tingkat
keluasan dan kedalaman materi disesuaikan dengan karakteristik peserta didik
(termasuk yang cepat dan lambat,
motivasi tinggi dan rendah)
|
Aspek no. 3
|
Pengorganisasian materi
ajar
|
Penjelasan
|
Penataan materi
disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, misalnya hierar-khis,
prosedural, spiral konsentris
|
|
Keluasan dan kedalaman materi mungkin dicapai dalam
waktu yang disediakan
|
Aspek no. 4
|
Pemilihan sumber/media
pembelajaran
|
Penjelasan
|
Sumber belajar/media pembelajaran
yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan/kompetensi yang ingin
dicapai, misal buku, modul untuk kompetensi kognitif; media audio visual untuk kompetensi keterampilan
|
Aspek no. 5
|
Kejelasan skenario
pembelajaran
|
Penjelasan
|
Sesuai dengan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yaitu: awal/pembukaan, inti, dan
penutup
|
Aspek no. 6
|
Kerincian skenario pembelajaran
|
Penjelasan
|
- Stretegi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan
dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai /kompetensi
harus dikuasai peserta didik.
- Strategi dan metode
pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik.
- Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan
tingkat perkembangan kognitif,
karakteristik afektif, dan keterampilan motorik peserta didik
- Setiap tahapan
pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional (lebih kurang
awal/pembukaan: 5-10%, inti: 70-80%, penutup: 10-15%)
|
Aspek no. 7
|
Kesesuaian teknik penilaian
dengan tujuan pembelajaran
|
Penjelasan
|
Misal: tes
tulis untuk mengukur penguasaan pengetahuan, tes kinerja untuk mengu-kur
penampilan, dan skala sikap untuk mengukur sikap
|
|
Tampak jelas dideskripsikan prosedur penilaian awal, proses, dan akhir,
mencakup metode (tes dan nontes)
|
Aspek no. 8
|
Kelengkapan instrumen
(soal, kunci jawaban, pedoman penskoran)
|
Penjelasan
|
Tampak jelas
kelengkapan instrumen yang digunakan, misalnya terdapat soal yang dilengkapi kunci jawaban, teknik penskoran, dan atau rubrik
|
KOMENTAR
Berikan komentar
tentang:
(a)
Hal-hal yang belum terwadahi dalam indikator-indikator
instrumen ini, dan
(b)
Kesan umum tentang kualitas RPP yang diamati
(kelebihan dan kekurangan)
INSTRUMEN
PENILAIAN
Bu, lampiran di atas sampean upload di Google drive PDF nya, lalu sampean masukkan di Halaman Statis, kemudian link halaman statis pasang di menu utama
BalasHapusOk, master mohon petunjuknyaterimakasih
HapusAssalamualaikum, mohon maaf sebelumnya jika berkenan saya mohon contoh RKAS BOS Kinerja. Terima kasih. Wasalamualaikum
BalasHapus